Rabu, 11 April 2012

CD - DVD

CD nama populernya dan CD singkatan dari Cakram Digital atau piringan cakram adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital .CD dibuat dari plastik polikarbonat setebal 1,2mm dengan berat 15-20gram.

Lapisan yang ada di CD :
  1. Label
  2. Spacer
  3. Metal Reflector
  4. Polycarbonate Base
  5. First Recording Layer 
  6. Second Recording Layer 
Perkembangan CD
CD dari dulu tuh digunakan hanya untuk menyimpan data yang berukuran kecil saja. Tapi sekarang udah bisa menyimpan data yang lumayan besar

UMD ( Universal Media Disk )
Media penyimpanan yang berbentuk cakram optik yang kapasitas nya dapat dipakai pda media ini sebesar 1,8 GB ( dual  layer ) dan juga bisa digunakan untuk video dan film. UMD juga merupakan sebuah cakram optik yang dikembangkan oleh sony yang bertujuan untuk penggunaan playstation porteble.

CD ( Compact Disk )
Awalnya CD-Rom yang hanya bersifat read only dalam artian hanya dapat diisi sebuah file dalam satu kali,dan sekarang sudah ada CD yang memungkinkan penulisan kembali berupa CD-RW .



SEJARAH
Manusia yang pertama kali menemukan CD pada tahun 1973 adalah James T.Rusel  yang sejak kecil dia sudah terbiasa dengan gelar penemu. James adalah seorang yang sangat menyukai musik dan  karena ia sangat menyukai musoik jadi dy merasakan kecewa saat dy mendengarkan sebuah kepingan piringan misic hitam gramafon.




DVD adalah
Kualitas penyimpanan pada DVD lebih bail dari pada CD. Karena pada dvd dapat menyimpanan file video dan audio yang lebih baik. pada awal nya DVD merupakan singkatan dari digital video disc, namun sekarang namanya hanya DVD karena adanya konflik antar pihak,karena takut nya dikhawatirkan adanya pemahaman yang hanya dapat menyimpan audio dan video. DVD-DL (dual layer ) merupakan versi DVD yang mempunyai kapasitas penyimpanan dua kali lebih besar 8,5GB., namun jenis ini merrupakan referensi bagi user yang membutuhkan DVD berkafasitas besar. Siapa yang belum kenal sama yang satu ini DVD sampai saat ini DVD memounyai pengembangan antara lain DVD-R, DVD-D, DVD-R DL, DVD+R, DVD+R DL.

HD-DVD
Walaupun kapsitas nya lebih kecil daripada blu-ray,namun format ini menjadi pesaing utama yang memiliki kehandalan dalam menyimpan file berjenis high difinision vide. Sama seperti blu-ray hd-dvd dirancang untuk media penyimpanan untuk high difinision video. Perubahan AOD ( Advance Optical Disc ) menjadi hd-dvd yang dipakai DVD forum yang dipakai. ini merupakan pengembangan dari DVD yang berkafasitas 15GB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar